Additional Discount 10% with coupon code: LVEB10

5 Tips Membersihkan Sepatu Fashion Wanita Sesuai Bahan Dasar Sepatu Agar Tetap Awet


Sampai sekarang ini sepatu wanita berkualitas bisa dilihat dari beragam aspek, mulai dari warna, merek, atau bahan pembuatnya. Hanya saja, apapun merek dan bahan sepatu yang dikenakan, penampilan tidak akan terlihat sempurna ketika sepatu ada dalam kondisi lusuh dan tidak terawat. Berikut tips membersihkan sepatu fashion wanita dari beragam bahan yang bisa Sista terapkan dirumah.

  • Bahan suede
  • Bahan suede termasuk satu dari beberapa jenis bahan pembuat sepatu dan aksesoris lain yang memiliki harga cukup mahal. Sekilas tampilan bahan suede seperti beludru, hanya saja suede tergolong bahan sepatu yang tidak mudah terbakar, lebih mengkilap, bertekstur lembut dan hangat untuk dipakai dalam jangka waktu cukup lama, mengingat sepatu dengan bahan suede menggunakan kulit sapi, rusa, atau domba. Kalau Sista punya sepatu berbahan utama suede, pastikan untuk merawat sepatu fashion wanita terbaru yang dimiliki dengan beberapa metode berikut.

    1. Jika sepatu berbahan suede koleksi Sista termasuk sepatu yang paling sering digunakan untuk beraktivitas diluar ruangan, pastikan untuk membeli semprotan khusus bahan suede untuk menghindarkan sepatu dari serangan jamur, noda minyak, atau goresan spidol. Setelah disemprot, angin-anginkan sebentar dan memasukkan sepatu ke kotak penyimpanan yang diberi silica gel.
    2. Jika sepatu fashion wanita berbahan suede yang dimiliki terkena noda kopi, makanan, atau noda lain yang masih baru, segera gunakan sikat gigi bekas dengan susunan kawat yang masih rapat untuk digosokkan ke sepatu. Gosokkan sikat yang sudah dicelupkan ke air soda perlahan dan angin-anginkan sampai kering.
    3. Pada saat noda yang mengenai sepatu termasuk noda yang membandel, Sista bisa mencoba membersihkannya dengan menaburkan tepung maizena dan mendiamkan sehari semalam tepung tersebut di area sepatu yang kotor. Setelah endapan kotoran terlihat bercampur dengan tepung, gunakan sikat bulu halus untuk benar-benar membuat sepatu wanita milik Sista terlihat seperti baru lagi.  

     

  • Bahan vegan leather
  • Untuk bahan vegan leather, ada beberapa metode perawatan yang bisa digunakan. Sista bisa menggunakan kain berserat padat yang dituangi krim khusus pembersih bahan kulit. Usapkan secara perlahan ke permukaan sepatu dan bersihkan noda yang menempel dengan gerakan memutar. Namun jika terdapat noda membandel, Sista bisa menggunakan cairan kondisioner yang dioleskan ke sepatu dan saat warna noda kotoran memudar, gosok sepatu fashion wanita dengan shoe polis khusus bahan kulit atau kulit sintetis. 

  • Bahan satin 
  • Model sepatu wanita berbahan satin umumnya memiliki harga cukup mahal mengingat kualitas bahan, model, dan desain yang pasti akan terlihat berbeda dengan sepatu berbahan kain. Dengan bahan yang lembut dan dingin, sepatu dari bahan satin bisa lebih awet apabila Sista mampu merawat sepatu bahan satin dengan cara yang benar. Sista bisa menyiapkan campuran minyak zaitun dan air hangat untuk membersihkan noda membandel pada sepatu berbahan satin. Apabila Sista ingin sepatu dengan bahan satin ini lebih tahan lama, jangan lupa lap lebih dulu bagian dalam dan luar sepatu dengan menggunakan tisu dan simpan sepatu di area yang kering dengan menambahkan silica gel untuk mencegah udara sekeliling sepatu yang lembab.

  • Bahan kanvas
  • Sepatu fashion wanita dengan bahan kanvas dapat dikatakan lebih mudah dibersihkan daripada bahan lain. Hal ini karena sepatu dengan bahan kain bisa dicuci menggunakan deterjen cuci biasa yang dicampur dengan air hangat. Gosok bagian permukaan sepatu dengan menggunakan sikat halus hingga noda menghilang dan untuk bagian sol sepatu, gunakan sikat nilon. Ketika Sista memilih sepatu wanita kekinian yang cocok untuk jalan-jalan, sepatu dari bahan kanvas ini bisa menjadi pilihan.  

  • Bahan karet 
  • Saat Sista memiliki sepatu fashion wanita dari bahan karet yang biasa digunakan untuk jalan-jalan, salah satu kunci merawatnya agar tahan lama dan tidak mudah bau adalah menyimpan sepatu di area yang benar-benar kering. Hal ini karena sepatu berbahan karet umumnya tidak mudah menyerap keringat. Untuk membersihkan noda yang menempel, cukup gunakan campuran soda kue dan detergen yang dicampur air hangat. Gosok bagian yang sangat kotor dan keringkan di area yang tidak langsung terkena sinar matahari.